Daily Calendar

Monday, December 17, 2012

Advertising Management

Manajemen Periklanan


suatu system yang terdiri dari berbagai organisasi / lembaga yang saling berinteraksi dalam menjalankan peran yang saling berbeda demi mewujudkan sebuah iklan atau proses periklanan.
Adapun saling berkaitan tersebut adalah;

1. Pengiklanan
2. Biro Iklan
3. Perusahaan Media
4. Lembaga Riset Pemasaran. Setidaknya ada empat komponen yang saling beriteraksi.

1. Pengiklanan / Pemasang Iklan
Pengiklanan adalah inti dari sistem manajemen periklanan, analisa pasar, perencanaan pengendalian, dan aktivitas pengambilan keputusan pada sistem ini, yakni pada pengiklan.
PENGIKLAN perlu memperhatikan identitas perusahaan, streategi pemasaran, serta produk apa andalan perusahaan itu. atas dasar itulah maka strategi periklanan di harapkan dapat mendukung program pemasaran tanpa menghilangkan kesan konsumen terhadap (kepribadian perusahaan) atau karakter perusahaan.

2. Biro Iklan
Biro Iklan, dan jasa riset diharapkan membantu pengiklan dalam menganalisa peluang pasar, mengembangkan kreasi, mendesain iklan, serta pembelian media. pasar atau konsumen yang dijangkau pengiklan melalui pesan iklan daat dipandang sebagai lembaga ekternal, atau lembaga kontrol dalam kampanye suatu iklan yang sedang berjalan.
Konsep pasar dan konsumen sering kali digunakan untuk membedakan konsumen individual atau kah konsumen lembaga, atau konsumen kelompok yang menjadi sasaran pengiklan di dalam mempersiapkan suatu "pesan" yang harus dibawakan oleh IKLAN. Pesan mungkin itu sampai pada khalayak atau tidak. Hal ini perlu adanya penelitian.
Perilaku konsumen, itu berbeda beda ini yang harus dipelajari lebih lanjut, apakah patut diperhitungkan atau tidak, mampu atau tidak, ataukah konsumen itu menentukan sikap atau tidak. Konsumen dalam arti luas adalah sasaran bagi kampanye iklan dengan menggunakan media. Sehingga dalam hal ini biro iklan perlu membuat copy iklan, dan riset pemasaran, dalam menjalankan fungsinya untuk mengetahui bagaimana pasar yang sedang berjalan.

3. Perusahaan Media
Dalam perusahaan media ini kita kenal dengan beberapa media lini bawah serta media lini atas. Media lini atas antara lain tv, radio, online.
Media lini bawah, surat kabar, majalah, spanduk, banner, baliho, selebaran, leafleet, surat langsung, 1 sheet, 24 sheet. Yang ke semuanya itu di sebut sebagai media promosi.

4. Perusahaan Jasa Riset
Dalam keiatan promosi yang jadi muaranya adalah terdongkraknya nilai penjualan. Dalam hal ini apakah dengan promos yang sudah jelas mengeluarkan banyak financial yang jelas mengurangi keuntungan apakah benar sudah mampuh meningkatkan volum penjualan?
Untuk menjawab hal itu maka diperlukan kegiatan untuk pengamatan atau penelitian. Karena tanpa adanya penelitian lanjutan. BEAYA promosi yang besar akan mubazir?
Manfaat jasa riset, penting untuk memetakkan ke arah mana iklan, dari sisi pengiklan, juga yang dari sisi kreatif, riset dari sisi penjualan, riset dari sisi pemahaman khalayak. Pesan iklan yang dikampanyekan, sampai tidak ke benak khalayak.

Lebih lanjut silakan lihat DI SINI

No comments:

Post a Comment