Daily Calendar

Sunday, December 16, 2012

Peranan, Marketing Mix, Segmentasi dan Keputusan Mengenai Pemasaran

Peranan Pemasaran
Peranan pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga tangan konsumen tetapi juga bagaimana produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menghasilkan laba.
Sasaran dari pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai superior, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara efektif serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan.


Marketing Mix / Bauran Pemasaran
Marketing mix adalah empat komponen
dalam pemasaran yang terdiri dari 5P:
         Product (produk)
         Price (harga)
         Place (tempat, termasuk juga distribusi)
         Promotion (promosi)
         Pasar (Pelanggan-Persaingan)



Evolusi Faktor Bauran Pemasaran [ Marketing Mix]
         Bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place, dan promotion (4P) seiring perkembangan jaman dan tuntutan pasar yang senantiasa mengalami perkembangan telah mengalami evolusi dan terus berkembang searah dengan perkembangan perilaku konsumen dan kecerdasan para ahli pemasaran.
         Lovelock dan Wright (2002:13-15) mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix) menjadi  “integrated service management “ dengan menggunakan pendekatan 8Ps, yaitu:

product elements, place, cyberspace and time, promotion and education, price and other user outlays, process, productivity and quality, people and physical evidence.

Segmentasi pasar
Adalah mengelompokkan pelanggan ke dalam segmen-segmen atau kategori berdasarkan karakteristik (umum, kebutuhan, motif pembelian) yang bersesuaian.
Dengan memahami karakteristik di setiap segmen di seluruh pasar maka agribisnis dapat merancang strategi khusus pemasaran yang dapat memikat segmen khusus yang dilayani.

Keputusan Mengenai Promosi
  • Tujuan promosi dalam agribisnis adalah menjual lebih banyak produk atau jasa.
  • Bauran promosi pada perusahaan agribisnis biasanya merupakan kombinasi dari iklan, usaha penjualan perorangan, publikasi umum, dan program pendukung penjualan.
  • Bauran promosi tersebut mempertimbangkan tahapan daur hidup produk, tahap penyerapan produk di pasar, tindakan pesaing, serta anggaran yang tersedia.

No comments:

Post a Comment