Peranan Pemasaran
Peranan pemasaran saat ini tidak
hanya menyampaikan produk atau jasa hingga tangan konsumen tetapi juga
bagaimana produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan
dengan menghasilkan laba.
Sasaran dari pemasaran adalah
menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai superior, menetapkan harga
menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara efektif
serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan.
Marketing
Mix / Bauran Pemasaran
Marketing
mix adalah empat komponen
dalam
pemasaran yang terdiri dari 5P:
•
Product
(produk)
•
Price
(harga)
•
Place
(tempat, termasuk juga distribusi)
•
Promotion
(promosi)
•
Pasar
(Pelanggan-Persaingan)
Evolusi Faktor Bauran Pemasaran
[ Marketing Mix]
•
Bauran
pemasaran yang terdiri dari product, price, place, dan promotion (4P) seiring
perkembangan jaman dan tuntutan pasar yang senantiasa mengalami perkembangan
telah mengalami evolusi dan terus berkembang searah dengan perkembangan
perilaku konsumen dan kecerdasan para ahli pemasaran.
•
Lovelock
dan Wright (2002:13-15) mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix)
menjadi “integrated service
management “ dengan menggunakan pendekatan 8Ps, yaitu:
product elements, place, cyberspace and time, promotion and education, price
and other user outlays, process, productivity and quality, people and physical
evidence.
Segmentasi pasar
Adalah mengelompokkan pelanggan ke dalam segmen-segmen atau kategori berdasarkan karakteristik (umum, kebutuhan, motif pembelian) yang bersesuaian.
Dengan memahami karakteristik di setiap segmen di seluruh pasar maka agribisnis dapat merancang strategi khusus pemasaran yang dapat memikat segmen khusus yang dilayani.
Keputusan Mengenai Promosi
- Tujuan promosi dalam agribisnis adalah menjual lebih banyak produk atau jasa.
- Bauran promosi pada perusahaan agribisnis biasanya merupakan kombinasi dari iklan, usaha penjualan perorangan, publikasi umum, dan program pendukung penjualan.
- Bauran promosi tersebut mempertimbangkan tahapan daur hidup produk, tahap penyerapan produk di pasar, tindakan pesaing, serta anggaran yang tersedia.
wahhhhhh
ReplyDelete