Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.
Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.
Konsep-konsep Pemasaran
Pemasaran dapat lebih mudah dipahami dengan mengerti beberapa elemen inti dari pemasaran. Secara konseptual, pemasaran merupakan sebuah falsafah bisnis yang menyadari pentingnya keterlibatan seluruh elemen organisasi dalam proses pemenuhan kebutuhan.dan keinginan konsumen sekaligus memenuhi tujuan-tujuan organisasi.
Langkah-langkah yang diperlukan untuk mengaplikasikan konsepsi pemasaran:
1. Menggali informasi mengenai pasar, potensial maupun aktual. Sudah tersediakah barang/jasa yang mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar? Bagaimana perusahaan dapat meningkatkan kemampuan produknya untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen?
2. Merancang dan mengembangkan program pemasaran
a. menyediakan produk yang mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen
b. menetapkan harga produk yang dapat diterima oleh pasar
c. mengkomunikasikan produk kepada konsumen untuk memposisikan produk di pikiran konsumen
d. memberikan jaminan bahwa konsumen dapat memperoleh produk di saat yang tepat dan di tempat yang tepat pula.
3. Mengevaluasi melalui proses penggalian informasi mengenai erektivitas program-program pemasaran perusahaan. Untuk lebih lanjut silahkan klik DI SINI
b. menetapkan harga produk yang dapat diterima oleh pasar
c. mengkomunikasikan produk kepada konsumen untuk memposisikan produk di pikiran konsumen
d. memberikan jaminan bahwa konsumen dapat memperoleh produk di saat yang tepat dan di tempat yang tepat pula.
3. Mengevaluasi melalui proses penggalian informasi mengenai erektivitas program-program pemasaran perusahaan. Untuk lebih lanjut silahkan klik DI SINI
Tugas-tugas Manajemen Pemasaran
Tugas-tugas manajer pemasaran dapat dilihat dari segi
fungsi manajemen yang dilakukan dalam bidang pemasaran, yaitu bagaimana proses
manajemen itu dijalankan untuk mengubah sumber-sumber menjadi produk yang dapat
memenuhi kebutuhan manusia. Tugas-tugas
itu antara lain :
·
Mempelajari kebutuhan dan keinginan
konsumen
·
Mengembangkan suatu konsep produk yang
ditujukan untuk memuaskan/ melayani kebutuhan
·
Membuat desain produk
·
Mengembangkan pembungkusan dan merk
·
Menetapkan harga agar memperoleh Return on investment yang layak
·
Mengatur distribusi
·
Memeriksa penjualan
·
Menciptakan komunikasi pemasaran yang
efektif dengan menggunkan media atau cara lain yang tepat
Iron Nails - titanium hair clipper
ReplyDeleteIron Nails - titanium hair clipper. titanium apple watch Stainless Steel Screw. 1 Inch. -. Soldering, 2016 ford focus titanium C-Lite titanium paint color -. Soldering micro touch hair trimmer with, Metal ford escape titanium -.